Penemu Televisi Pertama Di Dunia

Penemu Televisi Pertama Di Dunia

Penemu Televisi Pertama Di Dunia – Televisi merupakan salah satu barang eletkronik yang mungkin sudah tidak dapat dipisahkan lagi dalam kehidupan manusia saat ini. Saat ini , televisi lebih condong ke dunia hiburan yang mana terlihat hampir seluruh program televisi yang tayang merupakan konten untuk menghibur.

Walaupun sudah menjadi benda yang tidak asing lagi dalam kehidupan manusia , apakah kalian tahu siapa penemu dari televisi pertama di dunia ?

Penemu Televisi Pertama Di Dunia

John Logie Baird, pria kelahiran Helensburgh, Skotlandia, dianggap sebagai salah satu penemu dari televisi mekanik yang dikenal sebagai “televisor”, prinsip kerjanya seperti radio.

Baird adalah seorang insinyur asal Skotlandia yang merupakan anak bungsu dari empat bersaudara. Semasa kecilnya , Baird sudah sering melakukan ekseperimen dengan alat elektronik.

Baird mengenyam pendidikan sebagai mahasiswa teknik di Universitas Glasgow dari 1914 hingga 1915. Namun sayangnya ia harus diberhentikan dari masa studinya. Ia akhirnya mencoba mendaftar secara sukarela di national service pada 1915 , namun ditolak dengan alasan kesehatan.

Singkat cerita , Baird berhasil membuat televisi mekanik yang cara kerjanya adalah memindai gambar dan menghasilkan sinyal video melalui cakram berputar dan berlubang, atau cermin yang berputar. Baird adalah sosok yang membantu mengubah dunia dengan menjelaskan bagaimana sistem televisi bekerja dan manfaatnya televisi di masa depan.

Banyak orang yang bereaksi terhadap penciptaan John Logie Baird tersebut. Itu adalah demonstrasi publik pertama dari televisi hidup yang menciptakan gambar dengan menggunakan pemindaian elektronik.

Di tahun 1924 , Baird berhasil mengirimkan gambar berkedip di jarak 10 kaki dan tahun berikutnya memiliki terobosan ketika berhasil menangkap gambar TV dengan cahaya dan bayangan. Mulai sejak itu , Baird terus berinovasi dan mendominasi selama tiga dekade setelah 1926 untuk TV display.

Baird terus mengembangkan TV mekanik dan pada 1927 dia mulai mengirim konten di saluran telepon panjang 438 mil antara London dan Glasgow.

Di tahun 1928 , Baird kembali ke University of Glasgow, namun bukan sebagai mahasiswa melainkan memberikan kuliah umum mengenai ‘Televisi’ kepada mahasiswa Teknik.¬†Ia menjelaskan ¬†bagaimana proses televisi bekerja, mengatasi kesulitan hingga memanfaatkan sistem nirkabel televisi dan menyatakan keyakinan bahwa televisi akan segera memiliki kepentingan komersial.

Selanjutnya , Baird mengembangkan TV warna dan dibawa keluar pertama di dunia yang kemudian televisi diproduksi secara massal pada 1929. Hingga tahun 1937 , stasiun televisi radio di Britania Raya yakni BBC menggunakan perusahaan Baird untuk siaran televisi tersebut.

Biard dipercaya untuk mengatur Television Development Company, yang memproduksi siaran transatlantik pertama dan siaran langsung pertama dari Epsom Derby.

Biard menghembuskan nafas terakhirnya pada 14 Juni 1946 di Bexhill-on-Sea, East Sussex, setelah menderita stroke pada usia 58 tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *